Kamis, 17 April 2014

Pelatihan Pengembangan Usaha Kelompok.

PNPM MP Kecamatan kandat menggelar pelatihan kelompok khusus perempuan di balai desa kandat yang di ikuti oleh pengurus kelompok dari 12 desa,
 tiap desa mendelegasikan penggurus 3 orang.

selasa 15, april 2014 balai desa kandat kecamatan kandat sangat ramai karena di hadiri ibu ibu pengurus kelompok. terasa berbeda pelatihan kelompok perempuan ini, perbedaan tampak di raut muka peserta pelatihan dalam menyimak pelatihan, sebab materi yang di sajikan berbeda dari kebiasaan pelatihan yang ada selama ini dilakukan yang bersifat karikatif dan gugur kewajiban semata, dan hanya berkisar pada administrasi kelompok.

materi yang di sajikan dalam pelatihan adalah pertama, tentang prospek pengembangan usaha di desa, materi kedua tentang managerial kelompok usaha dan terakhir tentang jaringan usaha dan permodalan.

materi pertama disajikan oleh iskandar, mengenai pengembangan usaha diantaranya keterampilan yang di dapatkan dan alat yang di miliki, oleh kelompok di desa. itu adalah bagian dari menyongsong prospek yang baik. sebab alat dan keahlian yang dimiliki tidak di manfaatkan secrara maksimal akan menjadi sia sia.

kedua, di sampaikan tentang managerial kelompok usaha, memang berbeda badan usaha yang di bentuk oleh perusahaan  atau badan usaha perseorangan. dengan badan usaha yang di lakukan oleh inisiatif program seperti PNPM ini, harapannya pelatihan skil dan permodalan alat yang di dapat oleh kelompok itu harus dikelola dengan baik. antara lain menpunyai data inventaris, anggota dan juga alat, sebab jika alat alat yang di miliki kelompok tidak di managerial bisa menjadi barang rongsokan, yang tidak bermanfaat dan salah urus. dan, kelompok yang baik itu harus memilki AD/ART, jika hendak maju harus di penuhi tutur iskandar.

materi yang ketiga disampikan oleh Hari Yusmanto kepala UNIT bank BRI kandat,  menyampaikan tentang pentingan dunia usaha mengenal dengan dunia perbankan dan jaringan pemasaran sebab PNPM katanya Modal sudah besar dan sering mengdakan pelatihan, maka yang di butuhkan adalah pemasaran, dengan pengembangan jaringan bisa dengan pihak usaha perseorangan atau pemerintah.

ida peserta dari desa Ngletih bertanya bagaimana cara pemasaran yang baik dan menguntungkan? pertanyaan yang baik, pemasaran yang baik tentu harus mengoptimalkan dari dalam khususnya PNPM, yang diantara sekian banyak anggota atau pelaku PNPM ini adalah pangsa pasar utama, jadi jika hendak pesan aneka kripik harus memesan dari kelompok ringin sari yang produksi, jika hendak menjahit harus ke kelompok purworejo dan ngreco atau tegalan dan sebaliknya. prinsip dasarnya adalah, seperti koperasi dari oleh dan untuk anggota, pungkas iskandar FK PNPM kec. Kandat.

Suasana Pada Saat Pelaksanaan Pelatihan Kelompok Tanggal 15 April 2014 Kemarin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keluarga Besar PNPM Mandiri