Kamis, 17 April 2014

PRODUKSI SANDAL “BU SAMPIYAH” HASIL PELATIHAN KETRAMPILAN KELOMPOK PEREMPUAN



Latar Belakang
            Desa Karangtengah Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri merupakan salah satu desa yang memiliki potensi kelompok SPP berkembang. Kelompok ibu-ibu di desa tersebut sebagian besar banyak yang bisa menjahit namun kurang berkembang karena kurang variasi model dan keahlian.

            Kelompok Ibu-ibu didesa Karangtengah yang selalu mengikuti kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan mengusulkan kegiatan ”pelatihan pembuatan sandal” pada PNPM Mandiri Perdesaan di tahun 2013. Dan pada hasil MAD Pendanaan PNPM MP TA. 2013 usulan ini terdanai. Pelatihan ini butuh keahlian dasar menjahit sehingga banyak ibu-ibu yang bisa mengikuti pelatihan tersebut untuk bisa mengembangkan keahliannya termasuk bu Sampiyah Ketua Kelompok Kalingga 1 Desa Karangtengah yang memiliki keahlian menjahit mengikuti pelatihan tersebut untuk mengembangkan ketrampilan usahanya.

Hasil Pelatihan Kegiatan
Dari Hasil Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perempuan Desa Karangtengah, Bu Sampiyah mengembangkan hasil pelatihan tersebut hingga berproduksi sampai sekarang dan bisa meningkatkan perekonomiannya.
 

Terlihat usaha Bu Sampiyah dan Sandal produk usahanya












Selain membuat sandal Bu Sampiyah kelompok SPP ini juga membuat kerajinan lainnya yang dasarnya diperoleh juga dari hasil pelatihan kelompok SPP dalam membuat ketrampilan asesoris.

Terlihat produk  Asesoris “Bu Sampiyah”




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keluarga Besar PNPM Mandiri